Laman

3.10.10

COMMENT FILM I, ROBOT

COMMENT FILM I,ROBOT
 
Film I, ROBOT merupakan film fiksi ilmiah yg dibuat pada tahun 2004. Dalam film ini banyak hal yg kita dapat hubungkan kedalam interaksi manusia dan computer, dimana Interaksi manusia dan komputer adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh hasil akhir yang diharapkan.

 Interaksi manusia dan computer pada film I, ROBOT antara lain :

VIKI ( Virtual Interactive Kinetic Intelligence )
Virtual Interactive Kinetic Intelligence adalah suatu sistem yang dapat melakukan perintah yang diberikan kepada mesin virtual hanya dengan suara Anda. Di film ini V.I.K.I bertugas sebagai pengendali robot NS 5s untuk memimpin pengambil alihan robot global. V.I.K.I telah dibuat untuk membantu manusia, dimana manusia tak perlu lagi mengendalikan sebuah robot hanya mesin yg bekerja

ROBOT NS 5s
Dalam film ini robot digunakan sebagai pelayan dan untuk berbagai pelayanan public. Peranan robot disini sangat berperan dalam membantu pekerjaan manusia, sangat jelas terlihat interaksi manusia dan computer, dimana keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melalui teknologi yg diciptakan oleh manusia sehingga memperoleh hasil yg diharapkan.

Virtual Reality
Virtual Reality adalah suatu teknologi yang dapat mengizinkan pengguna untuk berinteraksi dengan lingkungan simulasi komputer baik itu berdasarkan object nyata maupun imajinasi. Pada film ini virtual reality diciptakan sebagai proyektor hologram Bentuknya seperti proyektor biasa. Tapi yang berbeda, gambar yang dihasilkan tiga dimensi. Sehingga walaupun dr. lanning sudah meninggal tetapi dia masih dapat berkomunikasi dengan detective spooner melalui proyektor hologram.

Tidak ada komentar: