Laman

15.10.10

Masa depan Indonesia tanpa korupsi


MASA DEPAN INDONESIA TANPA KORUPSI

Korupsi?? Siapa yg tidak mengenal kata ini, hampir semua media informasi membicarakan korupsi. Kalau kita telaah lagi mengapa indonesia selalu dibayangi oleh korupsi, padahal sudah ada KPK yg membantu pemerintah memberantas korupsi tapi tetap saja korupsi masih merajalela dinegeri indonesia yg tercinta. Terkadang dalam benak kita pasti terbesit bagaimana menyembuhkan “penyakit” ini dari masyarakat indonesia?
Sebenarnya akar permasalahannya bukan dari hukum yg mudah diakali atau institusi hukum yang lemah, korupsi lebih ke masalah budaya, dimana dalam pandangan sang penulis korupsi disebabkan oleh 2 hal yaitu :
  • ·         Kecintaan berlebihan terhadap harta.
  • ·         Berfikir bahwa satu-satunya cara untuk mendapatkan harta adalah dengan cara yang tidak baik.
Untuk poin pertama tak ada salahnya memiliki memiliki banyak harta, kamu bisa membantu banyak orang yang kurang mampu jika memiliki banyak uang, tapi yang jadi permasalahannya jika kita menganggap harta adalah tujuan atau istilah lain mempertuhankan harta. Dengan memiliki pemikiran bahwa harta adalah tujuan maka akan terjadi permasalahan poin kedua yaitu berfikir bahwa satu – satunya cara untuk mendapatkan harta adalah dengan cara yang tidak baik. Dalam pikiran sang penulis tak ada orang yang ingin mendapatkan harta melimpah dengan cara yang tidak baik, kalau ada cara yang baik untuk mendapatkan harta melimpah, kenapa harus menggunakan cara yang salah? Tapi masalahnya banyak orang yang tidak tahu bagaimana cara mendapatkan harta melimpah dengan cara yang baik.
            Seandainya semua lapisan masyarakat indonesia mengetahui bagaimana memperoleh uang dengan cara yang baik, dan tahu bagaimana menggunakannya serta memiliki tujuan hidup yang jelas, dimana tujuan yang baik bukan “harta adalah tujuan” dan memiliki pemikiran bahwa berbagi sesama itu indah dan damai. Masa depan indonesia pasti akan cerah dan indonesia menjadi negara teraman, terdamai dan tersejahtera didalam sejarah dunia. Dan pertanyaan selanjutnya bagaimana kita mewujudkan impian ini? Dimulai dari diri kita sendiri, kita bisa memulai hidup yang teratur dan menerapkan kejujuran serta kedisiplinan dalam hidup.
            Kita jangan menjadi orang yang egois, mengharapkan perubahan yang baik pada indonesia tapi kita sendiri tak berubah menjadi orang yang lebih baik. Ingat pepatah lama “ Hari esok lebih baik dari hari kemarin “. Setiap sebelum tidur kita biasakan intropeksi diri sendiri, “apa yang sudah saya lakukan pada hari ini?” jika kita sudah melakukan hal yang buruk usahakan untuk esok hari hal yang buruk itu tidak terulang lagi dikemudian hari, dan jika kita sudah berbuat baik maka usahakan untuk esok hari dan seterusnya dipertahankan dan ditingkatkan. Kebiasaan ini sebenarnya hal yang sepele tapi dari hal – hal yang kecil dan sepele jika kita melakukan dengan rutin akan menjadi hal – hal yang besar. Tak ada hal yang besar jika tak ada hal yang kecil.
            Selanjutnya kita budayakan kejujuran dan kedisiplinan pada hidup kita. Dari hal kecil saja akan sangat berpengaruh pada kehidupan kita. Setelah membudayakan kejujuran dan kedisiplinan kita juga harus mempunyai tujuan hidup serta semangat. Dan satu lagi yang sangat penting yaitu beribadah, berdoa, dan bertawakal. Jika kita mengalami kesulitan didunia, jalan keluar yang paling baik ialah meminta pertolongan kepada sang pencipta
            Seandainya semua orang menerapkan kehidupan seperti itu mudah-mudahan indonesia menjadi negara yang aman, makmur, sejahtera serta damai dan tanpa korupsi serta kriminal.

Tidak ada komentar: